Sunday, January 8, 2023

Inilah 8 Cara Mengatasi Laptop Lemot tanpa Install Ulang Windows 10

Agar berjalan dengan baik, cara mengatasi laptop lemot yang ampuh dengan tinggal klik kanan ikon, kemudian pilih Empty. Perlu diketahui, setiap laptop Windows 10 dilengkapi dengan aplikasi bawaan untuk membersihkan file sampah. File sampah menjadi salah penyebab laptop lemot dan mengganggu performa pemakaian. Untuk mengakses alat Cleaning Disk, buka Control Panel lalu System and Security. Kemudian pilih Administrative Tools dan pilih Disk Clean Up dari daftar. Pengguna bisa memilih jenis file yang ingin dihapus dan klik OK. Terakhir, klik Clean up system files dan pilih System File yang ingin dihapus. Langkah ini jadi salah satu cara mengatasi laptop lemot dengan mudah. Kini cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang untuk Windows 10 adalah dengan memilah aplikasi yang berjalan secara beriringan. Penyebab laptop lemot adalah banyak aplikasi berjalan, sehingga kinerja RAM akan terkuras. Banyak yang tidak sadar, aplikasi yang dibuka saat pertama kali membuat laptop lemot. Sehin gga, cara mengatasi laptop lemot jika terjadi hal seperti ini adalah membuang daftar aplikasi yang berjalan di background.

Sebab lainnya adalah laptop kamu terkena virus atau malware saat sedang browsing. Mungkin kamu telah mengunjungi situs ilegal atau mendownload program yang aneh-aneh. Oleh karena itu kamu perlu berhati-hati dan selalu melakukan scan dengan Antivirus terbaik. Kemungkinan lainnya adalah menumpuknya temporary file, cache dan history pada browser Anda. Coba bersihkan dengan aplikasi CCleaner. Del, lalu akan muncul berbagai opsi. Dengan menggunakan arah panah pada keyboard, pilih Log-off untuk Windows 7 dan Sign-out untuk Windows 10. Selain itu, kamu juga bisa memilih Restart atau Shutdown. Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Del tidak muncul, coba tutup layar laptop kamu. Biasanya pengaturan layar yang belum diubah (default) akan melakukan mode sleep secara otomatis. Tunggu saja hingga beberapa menit. Setelah itu, nyalakan laptop kamu kembali. Cek keadaan, masihk ah seperti tadi? 3. Jika masih seperti tadi, terpaksa kamu harus menekan tombol power selama 10 detik (dimatikan paksa). Meski cara ini cukup berisiko, untuk sesekali tidak masalah asalkan tidak terlalu sering. Baca juga: Jangan Terlalu Sering 'Refresh' PC. Ada Bahaya Tersembunyi dari Kegiatan yang Katanya Bisa Bikin Makin Kenceng Ini! Itulah 6 cara mengatasi laptop hang di berbagai kondisi yang bisa kamu coba. Mudah, kan? Setiap laptop hang pada kondisi tertentu mempunyai pemecahan masalah yang berbeda pula.

Contoh antivirus atau Virus Cleaner yang anda bisa gunakan yaitu Kapersky Security untuk membersihkan virus yang ada di laptop anda. Jangan lupa mengupdate sistem operasi yang anda gunakan untuk mencegah masuknya virus. Penyebab dari masalah jaringan ini biasanya terjadi karena traffic pada jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang bahkan virus yang menyerang dan mencoba masuk ke sistem laptop anda. Untuk cara mengatasi laptop hang karena masalah jaringan, cobalah m elepas lalu memasangkan kembali konektor pada RJ45 di Lan Card, atau restart switch dan gunakan port scanner untuk melihat paket apa saja yang keluar dan masuk dari laptop anda. Pada saat program startup dimulai, laptop akan melakukan loading dari data-data sistem. Perlu diketahui, Loading tersebut juga termasuk berbagai aplikasi yang terinstall di laptop anda. Sebenarnya ini normal, namun jika berlebihan atau terlalu banyak. Efeknya akan sama seperti Temporary File yang dibahas tadi. 1. Pada kolong search ketik MSCONFIG, kemudian masuk ke tab Startup.

2. Membuka banyak tab di browser juga bisa memicu laptop lemot karena menguras cukup banyak RAM. Terlebih jika situs yang dibuka memiliki fitur auto refresh. Browser yang nggak pernah diperbarui dan memiliki banyak bug rentan mengalami crash atau hang tiba-tiba. 3. Adanya malware atau virus baik dari situs yang dibuka maupun bawaan laptop. Script dari web yang corrupt dapat membuat prosesor laptop terus memproses permintaan web yang secara nggak langsung bikin laptop jadi lemot. Multitasking atau membuka banyak aplikasi juga dapat menyebabkan laptop lemot. Nikmati konten menarik seputar teknologi: 5 Panduan Praktis Bergabung ke Dunia Metaverse. Metode yang cukup manjur sebagai cara mengatasi laptop lemot Windows 10 ini juga berlaku untuk memperbaiki laptop lemot saat internetan. Tapi cukup gunakan satu anti virus saja supaya sistem nggak berat membacanya. Nah, biar lebih efektif, kamu mesti melakukan scanning secara rutin apalagi jika tiap hari terhubung dengan jaringan internet. Pastikan fitur automatic scan sudah dimatikan supaya antivirus nggak berjalan di background dan bikin laptop tambah lemot. Kebanyakan membuka aplikasi atau multitasking dapat membuat browser mudah mengalami crash karena masih memproses program yang sebelumnya masih berjalan di latar belakang. Untuk itu, baiknya kurangi aplikasi yang dibuka dan berjalan di latar belakang terlebih jika prosesor laptopmu masih rendah. Hal ini pun ber laku pada tab mention yang dibuka di browser, ya! Untuk mempermudah pengecekan aplikasi yang berjalan, kamu dapat membuka menu Task Manager. Del, kemudian pilih Task Manager. 2. Di menu ini akan terlihat aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang. Jika dirasa ada aplikasi nggak penting yang bisa dinonaktifkan, klik di aplikasinya lalu tekan 'end task'.

No comments:

Post a Comment