Sunday, January 8, 2023

5 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Anti Ribet dan Mudah Dilakukan

Ada banyak cara mengatasi laptop hang yang dapat diikuti agar kerja laptop bisa kembali normal. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kapasitas memori yang tidak cukup, sehingga laptop kesulitan untuk bekerja dengan optimal. Selain itu, laptop hang juga bisa menjadi pertanda bahwa ada virus atau program yang menghambat kinerja laptop yang dimiliki. Jika dibiarkan terus menerus, laptop yang terkena virus tidak hanya menimbulkan hang saja, tetapi juga kendala lain yang berpotensi lebih berbahaya. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui cara mengatasi laptop hang yang tepat, supaya kinerja laptop bisa lebih optimal dan tidak menghambat pekerjaan yang akan kamu lakukan. Lantas, bagaimana cara mengatasi laptop hang yang dapat dilakukan? Berikut Dewaweb sudah merangkum beberapa informasinya pada artikel di bawah ini. Hang adalah sebuah kondisi di mana sistem tidak dapat merespon atau menanggapi perintah yang diminta oleh user atau pengguna. Akibatnya, sistem pada laptop pun mengalami kemacetan. Jika kondisi ini terjadi, kamu biasanya akan mematikan laptop secara paksa ketika hang dengan cara menekan tombol power atau mencabut baterai laptop.

Itu bisa mengakibatkan hang, lemot bahkan bisa crash. Memang selain hardware(Mesin), salah satu dari banyak penyebab yang bisa menyebabkan laptop terjadi hang ialah dari Pemakaian yang tidak wajar, yang dimaksud pemakaian tidak wajar disini ialah pada saat anda menggunakan laptop terlalu keras dan membiarkan nya seharian tanpa mematikan mesin laptop. Itu membuat kinerja laptop menjadi lambat karena berhari-hari tidak di matikan (Restart). Banyak sekali kerusakan pada laptop yang seharusnya dapat anda bedakan melalui gejala yang terjadi, bisa terjadi karena banyak hal contohnya : Hang , Lemot / ngelag , Not responding / tidak merespon bahkan membuat laptop merestart sendiri (Baca : 8 Cara Mengatasi laptop merestart sendiri). Berikut adalah penyebab sekaligus cara mengatasi laptop hang ku rsor tidak bergerak yang sering terjadi dan ampuh diatasi dengan cara berikut. Banyak faktor yang menyebabkan laptop terjadi hang, berikut adalah daftar umum terjadinya laptop hang. Cara mengatasi laptop hang yang pertama ialah masalah pada harddisk, masalah pada harddisk seringkali terjadi dikarenakan banyak hal mulai dari error sampai bad sector.

Dengan keyakinan bahwa tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya, atau tidak ada permasalahan yang tidak dapat dicarikan solusinya. Akhirnya saya mulai mencari tahu bagaimana cara mengatasi laptop lemot dengan mudah tanpa harus melakukan instalasi ulang. Jika kebetulan ada diantara pembaca yang mungkin mengalami permasalahan yang sama seperti yang saya alami. Melalui postingan ini Anda akan mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop lemot. Ini adalah permasalahan pertama yang pernah saya alami. Ada beberapa hal penyebab mengapa laptop lama saat akan masuk ke windows, dan hal yang paling umum adalah, banyaknya program pada startup ya ng harus dijalankan laptop. Saat instalasi software, sebagian besar software akan secara otomatis menambahkan icon sebagai shortcut pada desktop, dan juga masuk ke sistem startup laptop. Semakin banyak software yang harus dijalankan dalam startup, secara otomatis membuat laptop tidak dapat dengan cepat masuk ke Windows. Laptop secara otomatis akan menjalankan software-software tersebut terlebih dahulu pada saat startup, lalu barulah dapat masuk ke Windows. Cara mengatasi laptop lemot dan membuat laptop segera masuk ke Windows, sebaiknya kurangi beberapa program atau servis yang dijalankan pada sistem startup.

Cara mengatasi laptop ngelag bisa diterapkan saat anda sudah sangat terganggu. Sebagaimana yang diketahui, laptop yang lemot memang sering kita jumpai saat melakukan berbagai macam pekerjaan. Hal ini tentu akan terasa sangat menyebalkan. Akan tetapi, anda tak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan cara mengatasi laptop yang lemot tersebut terbilang sederhana sehingga mudah d ilakukan. Laptop pun akan cepat normal kembali. Mengapa laptop ngelag? Layaknya jenis produk elektronik pada umumnya, laptop juga dapat mengalami penurunan performa meskipun spesifikasi yang dibawanya sudah sangat baik. Umumnya laptop mengalami lemot karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada background, umur harddisk yang sudah terlalu lama, atau kapasitas hard disk yang penuh. Tak hanya itu, masih terdapat beberapa penyebab lain yang membuat laptop menjadi lemot. Dengan mengetahui penyebabnya tersebut, maka anda dapat mengambil langkah perbaikan sendiri. Siapa tahu, cara agar laptop tidak ngelag dapat dikerjakan secara sendiri. Nah, untuk itu, berikut terdapat beberapa cara mengatasi laptop ngelag yang dapat anda lakukan. Jika telah memiliki sebuah laptop, kadang kita ingin mencoba berbagai macam jenis aplikasi.

No comments:

Post a Comment