Sunday, January 8, 2023

5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop tidak Bergerak Secara Tiba-Tiba

Kegiatan yang mendasar yang seharusnya kita lakukan adalah pemeriksaan arus pada laptop tersebut, sebab mungkin saja laptop blank karena memang sedang tidak ada arusnya. Jika arus pada laptop tersebut memang baik baik saja dan lampu pada laptop juga menyala di dalam posisi on maka abaikan langkah ini dan lanjutkan ke step berikutnya. Mengenai permasalahan Cara Memperbaiki Laptop yang memang mendapatkan kondisi dimana laptop tidak menampilkan apapun kecuali layar hitam maka kita mencoba dulu mengosongkan arus di dalam laptop untuk memastikan semua process berjalan dari Nol. Cara mengosongkan arus tersebut dengan cara mencabut baterai laptop dan menekan tombol power sambil di tahan selama 30 detik. Langkah selanjutnya, silahkan colokan kembali baterainya, Biasanya pada kasus laptop blank layar hitam ini bisa teratasi sampai step ini. Sudah seharusnya sebelum melakukan perbaikan pada laptop yang rusak, termasuk mengatasi laptop blank tersebut kita harus sudah memahami penyebab laptop tersebut menjadi blank. Kita harus memastikan apakah Panel Display pada laptop yang mengalami kerusakan, maka cobalah hubungkan laptop dengan record eksternal.

Idealpad Gaming 3 merupakan produk dari Lenovo yang sangat pantas untuk dijadikan sebagai perangkat nge-game. Produk berharga belasan juta ini memiliki spesifikasi yang cukup mentereng. Seperti, laptop sudah dibekali prosessor AMD 4000 series, serta untuk GPU menggunakan Nvidia GTX 1650 Ti tipe Discrete Graphics. Nah, kalau kamu memiliki budget yang cukup silakan beli laptop gaming di atas. Dijamin kamu bisa memainkan game kesukaan dengan nyaman dan sensasional. Apalagi semua perangkat sudah didukung oleh spesifikasi yang sangat luar biasa dan high class. Singkatnya, pengertian brainware adalah manusia yang memiliki keterampilan dan keahlian untuk mengoperasikan dan mengelola kinerja perangkat lunak dan perangkat keras. Salah satunya adalah brainware (user). Meskipun semua perangkat komputer itu saling berhubungan satu sama lain. Tentunya Anda penasaran bukan dengan pengertian, contoh dan juga fungsi dari user. Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini. Memang, brainware adalah manusia yang mampu menggunakan dan menjalankan perangkat lunak atau perangkat keras pada komputer. Tugas utama orang ini adalah merancang bagaimana perangkat komputer akan bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Jika telah selesai semuanya, Anda hanya tinggal menginstall kembali VGA yang sesuai dengan Windows dan laptop Anda. Apabila sebelumnya Anda sudah menggunakan laptop dan kemudian laptop tersebut mengalami blackscreen secara tiba-tiba, maka dapat dipastikan laptop Anda sedang mengalami overheating. Maka untuk dapat mengatasi permasalahan overheating tersebut yaitu Anda harus mendiamkan sejenak laptop Anda selama beberapa jam sampai seluruh dari komponen yang ada di laptop Anda kembali dingin dan bisa beroperasi normal kembali seperti sebelumnya. Alangkah lebih baiknya juga Anda mengecek kembali kompon en yang terdapat di dalam laptop Anda, apakah di dalamnya terdapat banyak sekali debu yang menempel atau tidak. Terutama pada bagian kipas pada laptop Anda. Tahukah kamu kalau kabel fleksibel yang ada pada laptop sangat rentan dengan kerusakan ? Apalagiapabila Anda sering kali membuka dan menutup layar laptop dengan cara yang tidak benar. Untuk memeriksa kerusakan pada kabel fleksibel tersebut, Anda dapat mencobanya dengan menghubungkan laptop Anda ke monitor eksternal. Apabila monitor tersebut dapat menampilkan tulisan maupun gambar pada saat dipasangkan dengan laptop tersebut, maka itu artinya kerusakan memang terdapat pada kabel fleksibel yang ada di laptop Anda.

Suhu laptop yang panas dapat menyebabkan performa laptop menjadi lebih lambat. Jadi Anda bisa menggunakan alat cooling pad sebagai kipas tambahan yang dapat menjaga suhu laptop Anda agar tidak terlalu panas. Anda juga bisa memakai vacuum cooler yang dapat menyedot keluar udara panas dari dalam laptop. Anda memiliki keduanya akan sangat membantu untuk menjaga suhu laptop pada saat digunakan. Ketika laptop sudah berusia tua, biasanya di atas 3 samapi 4 tahun, performa juga pasti akan ikut menurun. Salah satu solusinya adalah dengan rutin membersihkan Drive C. Kalian bisa mengecek dan memilih program yang memberatkan laptop atau aplikasi yang sudah tidak digunakan. Silahkan uninstal agar bisa menmbah kinerja laptop Anda. Reset windows bisa menjadi cara arternatif dan tidak wajib dilakukan hanya dalam kondisi kepepet saja, karena ketika laptop terasa berat dan lemot. Apalagi jika laptop yang digunakan itu laptop yang sudah lawas. Jika memang terpaksa Sebelum Anda melakukan reset Windows, pastikan sudah melakukan back up data Anda terlebih dahulu seluruh data dan file yang ada di laptop Anda.

Hal ini tentu saja membuat ruang penyimpanan laptop Anda penuh, sehingga kinerja CPU menurun. Jika sudah begini anda harus mempercepat kinerja laptop kentang. Penyebab sebuah laptop hang selanjutnya ada lah karena banyaknya software atau program yang sedang berjalan. Oh ya, perlu kalian ketahui guys, semakin banyak software yang dijalankan maka semakin banyak pula layanan yang akan dijalankan oleh Windows Startup. Tentu saja hal itu juga bisa membuat CPU Anda merasa terbebani oleh program yang berjalan sekaligus. Penyebab kelima laptop hang adalah hardisk laptop anda bermasalah. Bisa jadi karena kehabisan penyimpanan, sudah terfragmentasi, atau hardisk mengalami bad sector. Nah, penyebab yang satu ini sangat sering terjadi guys, yaitu adanya virus di laptop. Virus di laptop selain mengambil data pribadi Anda, juga dapat membuat laptop Anda lebih lambat dari biasanya. Apalagi ada sekitar 12 jenis virus laptop berbahaya. Penyebab ketujuh adalah terlalu banyak software antivirus di laptop. Salah satu fungsi antivirus adalah untuk mencegah laptop Anda terinfeksi virus.

No comments:

Post a Comment